Skip to main content

Resep Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe Spesial

Resep membuat kembang tahu kuah jahe spesial merupakan salah satu sajian hangat yang terbuat dari olahan kedelai yang sangat nikmat sekali. Sedangkan untuk prodak lanjutannya umumnya terbuat dari susu kedelai tawar. Belum jelas dari mana asal-usulnya namun minuman kembang tahu kuah jahe ini sangat populer di kota Semarang. Ada yang menyebutnya sebagai minuman peranakan, namun karena asal-usulnya juga masih belum begitu jelas biasanya dikenal dengan salah satu minuman khas kota Semarang.

Dililihat dari bentuknya kembang tahu kuah jahe ini sekilas mirip seperti egg tofu. Sama-sama memiliki warna putih pucat dan memiliki tekstur yang lembut, seperti tofu putih atau tahu cina. Nama lain yang cukup terkenal selain orang menyebutnya dengan kembang tahu dan wedang tahu kuah jahe minuman hangat yang menyegarkan dan enak ini juga terkenal dengan sebutan Tahwa yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Kembang Tahu.

Kembang tahu umumnya disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula jawa, daun pandan dan jahe sehingga memiliki rasa yang enak dan sangat menyegarkan. Sangat cocok untuk disajikan pada sore atau malam hari apalagi ketika musim hujan hujan atau musim dingin tiba dan bisa juga digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Resep Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe Spesial

Resep dan Cara Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe Spesial yang Enak

Baiklah mulai penasaran bukan bagaimana membuat kembang tahu kuah jahe khas semarang? Berikut ini adalah resep dan cara membuat kembang tahu kuah jahe spesial untuk anda yang kami sajikan secara lengkap dan mudah untuk diikuti.

Bahan untuk membuat wedang kembang tahu :
  • 600 mili liter susu kedelai
  • 400 mili liter air
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 1/2 sdt garam

Bahan untuk membuat kuah jahe :
  • 50 gram jahe (dibakar kemudian digeprek)
  • 200 gram gula merah (sisir halus)
  • 2 lembar daun  pandan
  • 1/4 sdt garam
  • Air secukupnya

Cara membuat wedang kembang tahu kuah jahe :
  1. Kuah jahe : campurkan semua bahan yang telah kita siapkan tadi lalu didihkan, angkat, saring dan sisihkan.
  2. Kemudian campur susu kedelai, garam , air, dan agar-agar bubuk kemudian aduk-aduk terus hingga merata dan mendidih.
  3. Tuangkan adonan kedalam mangkuk atau loyang kemudian biarkan hingga dingin untuk mempercepat proses pendinginan bisa dengan direndam air dingin hingga adonan mengeras atau menggumpal. Ketika adonan mengeras keluarkan menggunakan sendok.
  4. Penyajian : Ambil kembang tahu secukupnya dan tuangkan kuah jahe secukupnya sesuai selera. Sajika selagi masih hangat.

Selain rasanya yang enak dan bisa menghangatkan badan, wedang kembang tahu kuah jahe ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Contohnya seperti untuk mencegah osteoporosis, menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, membantu pasien diabetes yang bermasalah dengan ginjal, meningkatkan produksi energi, meringankan datang bulan, melancarkan asi bagi ibu menyusui dan masih banyak sekali manfaat-manfaat lain bagi tubuh kita.

Baca juga : Resep ayam rica-rica pedas manis

Nah demikainlah sedikit ulasan singkat dari kami seputar resep wedang kembang tahu kuah jahe spesial untuk keluarga dirumah. Selamat berkreasi dan mempraktekannya dirumah anda masing-masing. Karena resep ini cukup mudah dan siapa saja bisa membuatnya. Terimakasih semoga bermanfaat resep membuat kembang tahu kuah jahe spesial.

Popular posts from this blog

Resep Membuat Kue Egg Roll Ubi Ungu Renyah Enak

Resep membuat kue egg roll ubi ungu renyah enak adalah salah satu resep kue kering yang akan kami bagikan pada kesempatan ini. Setelah sebelumnya banyak sekali mengulas resep membuat kue basah seperti resep roti maryam dan resep dadar gulung . Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan resep spesial kepada anda seputar bagaimana membuat egg roll dari ubi ungu yang renyah dan enak pastinya. Ubi jalar ungu bisa menjadi makanan yang tersedia dan juga telah ditemukan di mana saja. Nah, egg roll juga akan dibuat menjadi berbagai macam varian makanan. Ubi jalar ungu juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan tubuh dan fitur banyak karbohidrat untuk pencernaan kita. Sekarang admin akan berbagi pada rekan-rekan anekaresep24 resep dan cara membuat egg roll ubi ungu. Resep dan Cara Membuat Kue Egg Roll Ubi Ungu Bahan-bahan : Tepung Telur  Margarine Gula pasir Susu Ovalet Aneka rasa : Keju  Cokelat Telur Wijen Ubi ungu Alat-alat

Resep Membuat Nasi Kuning Rice Cooker Sederhana

Resep membuat nasi kuning rice cooker sederhana adalah resep masakan nusantara yang dimasak secara berbeda dari biasanya. Ya, kenapa kami katakan berbeda karena pada umumnya nasi kuning dimasak secara tradisional sekarang kita akan mencoba bagaimana membuat nasi kuning dengan rice cooker namun memiliki rasa selezat aslinya yakni selezat dibuat dengan cara tradisional. Ya walaupun mungkin tak seenak jika dibuat dengan cara tradisional tapi kurang lebihnya bisa dikatakan setara. Seperti yang kita tahu bahwa resep nasi kuning merupakan salah salah satu warisan kuliner tanah air yang patut kita lestarikan bersama. Indonesia yang memiliki ratusan resep kuliner hingga banyak yang menyebut bahwa Indonesia adalah surganya makanan lezat. Ada banyak sekali makanan lezat yang tak bisa disebutkan satu persatu karena saking banyaknya, namun yang pasti nasi kuning merupakan salah satu diantara ratusan resep makanan lezat tersebut. Dalam pembuatan nasi kuning ini sebenarnya juga bisa tanpa mem