Skip to main content

Resep Membuat Soto Ayam Lamongan Asli Yang Enak

Resep membuat soto ayam lamongan asli yang enak merupakan salah satu resep spesial yang akan kami ulas pada kesempatan ini. Siapa yang tidak tahu soto ayam lamongan? Soto ayam lamongan merupakan salah satu kuliner nusantara yang terkenal hingga seluruh pelosok negeri. Bagaimana tidak? Soto ayam lamongan memiliki rasa yang begitu lezat sehingga banyak disukai orang bahkan para pelancong daroi luar negeri. Oleh karena itu ibu dan sista dirumah pasti penaran seperti apa resep dan cara membuat soto ayam lamongan ini.

Salah satu jenis soto yang paling banyak dijual dan kita temui ialah soto ayam lamongan ini. Bukan berarti jenis soto lain tidak enak tetapi memang soto ayam lamongan memiliki ciri dan rasa yang khas yang membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan. Dalam resep masakan soto ayam yang akan kami bagi dengan anda ini merupakan resep yang ditujukan untuk 6 porsi, sehingga jika anda menginginkan membuat soto untuk lebih banyak orang maka tinggal menambah saja kebutuhan bahan sesuai perbandingan resep yang kami sajikan.

Resep membuat soto ayam lamongan asli enak pic

Resep dan Cara Membuat Soto Ayam Lamongan Asli

Bahan yang dibutuhkan :
  • Ayam kampung 1 ekor (belah menjadi 4 bagian)
  • Air 2000 ml
  • Daun jeruk 6 lembar (buang tulang daunnya)
  • Serai 3 batang (memarkan)
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Garam 2 sendok makan
  • Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :
  • Bawang putih 6 siung
  • Jahe 2 cm
  • Kemiri 4 butir (disangrai)
  • Kunyit 4cm (dibakar)
  • Bawang merah 10 butir

Bahan sambal :
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Cabai rawit merah 12 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 4 buah

Cara membuat soto ayam lamongan :
  1. Rebus ayam yang telah dipotong menjadi 4 bagian pada 2000 ml air yang telah kita siapkan hingga mendidih.
  2. Panaskan minya kira-kira 2 sendok makan untuk menumis bumbu yang telah kita haluskan diatas dengan serai dan daun jeruk hingga harum aromanya. Lalu kita tuang dalam rebusan ayam tadi.
  3. Masukkan garam, merica bubuk dan gula pasir dan masak hingga matang. Kemudian angkat dan keluarkan daging ayam.
  4. Panaskan minyak dan goreng daging ayam hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan suwir-suwir daging ayam.
  5. Selanjutnya kita buat sambal untuk soto ayam. Rebus bawang putih, cabai rawit merah dan cabe merah hingga layu. Kemudian haluskan dan tambahkan garam saat proses penghalusan.
  6. Selanjutnya adalah menyajikannya. Sajikan soto ayam dengan daging suwir, sambal dan jangan lupa bahan pelengkapnya.

Pelengkap untuk penyajian soto ayam :
  1. Seduh 50 gram soun lalu tiriskan.
  2. Cincang kasar 2 batang seledri.
  3. Potong 2 buah tomat.
  4. Bawang goreng 2 sendok makan untuk ditaburkan diatas soto ayam lamongan.
  5. Tauge 100 gram
  6. Rebus 3 butir telur dan belah menjadi 2 bagian.
  7. Kol 100 gram dan iris-iris.

Baca juga : Resep opor ayam spesial

Nah kurang lebih seperti itulah resep membuat soto ayam lamongan asli yang enak, bagaimana? mudah bukan membuatnya. Sekarang anda bisa mencoba mempraktekkannya dirumah untuk keluarga anda. Selamat memasak!

Popular posts from this blog

Resep Membuat Kue Egg Roll Ubi Ungu Renyah Enak

Resep membuat kue egg roll ubi ungu renyah enak adalah salah satu resep kue kering yang akan kami bagikan pada kesempatan ini. Setelah sebelumnya banyak sekali mengulas resep membuat kue basah seperti resep roti maryam dan resep dadar gulung . Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan resep spesial kepada anda seputar bagaimana membuat egg roll dari ubi ungu yang renyah dan enak pastinya. Ubi jalar ungu bisa menjadi makanan yang tersedia dan juga telah ditemukan di mana saja. Nah, egg roll juga akan dibuat menjadi berbagai macam varian makanan. Ubi jalar ungu juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan tubuh dan fitur banyak karbohidrat untuk pencernaan kita. Sekarang admin akan berbagi pada rekan-rekan anekaresep24 resep dan cara membuat egg roll ubi ungu. Resep dan Cara Membuat Kue Egg Roll Ubi Ungu Bahan-bahan : Tepung Telur  Margarine Gula pasir Susu Ovalet Aneka rasa : Keju  Cokelat Telur Wijen Ubi ungu Alat-alat

Resep Membuat Kembang Tahu Kuah Jahe Spesial

Resep membuat kembang tahu kuah jahe spesial merupakan salah satu sajian hangat yang terbuat dari olahan kedelai yang sangat nikmat sekali. Sedangkan untuk prodak lanjutannya umumnya terbuat dari susu kedelai tawar. Belum jelas dari mana asal-usulnya namun minuman kembang tahu kuah jahe ini sangat populer di kota Semarang. Ada yang menyebutnya sebagai minuman peranakan, namun karena asal-usulnya juga masih belum begitu jelas biasanya dikenal dengan salah satu minuman khas kota Semarang. Dililihat dari bentuknya kembang tahu kuah jahe ini sekilas mirip seperti egg tofu. Sama-sama memiliki warna putih pucat dan memiliki tekstur yang lembut, seperti tofu putih atau tahu cina. Nama lain yang cukup terkenal selain orang menyebutnya dengan kembang tahu dan wedang tahu kuah jahe minuman hangat yang menyegarkan dan enak ini juga terkenal dengan sebutan Tahwa yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Kembang Tahu. Kembang tahu umumnya disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula jawa, dau

Resep Membuat Nasi Kuning Rice Cooker Sederhana

Resep membuat nasi kuning rice cooker sederhana adalah resep masakan nusantara yang dimasak secara berbeda dari biasanya. Ya, kenapa kami katakan berbeda karena pada umumnya nasi kuning dimasak secara tradisional sekarang kita akan mencoba bagaimana membuat nasi kuning dengan rice cooker namun memiliki rasa selezat aslinya yakni selezat dibuat dengan cara tradisional. Ya walaupun mungkin tak seenak jika dibuat dengan cara tradisional tapi kurang lebihnya bisa dikatakan setara. Seperti yang kita tahu bahwa resep nasi kuning merupakan salah salah satu warisan kuliner tanah air yang patut kita lestarikan bersama. Indonesia yang memiliki ratusan resep kuliner hingga banyak yang menyebut bahwa Indonesia adalah surganya makanan lezat. Ada banyak sekali makanan lezat yang tak bisa disebutkan satu persatu karena saking banyaknya, namun yang pasti nasi kuning merupakan salah satu diantara ratusan resep makanan lezat tersebut. Dalam pembuatan nasi kuning ini sebenarnya juga bisa tanpa mem